Senin, 28 November 2016

TELUK KILUAN YANG BERKILAU

Sebenarnya, Teluk Kiluan bukanlah tempat wisata yang baru bagi pecinta traveling. Bahkan, bisa jadi tempat ini sudah jadi incaran para petualang untuk didatangi. Keindahan alamnya belum terjamah tangan industri, lokasinya terpencil dan sepi, suasananya tentu masih asri dan tenang. Itulah sebabnya Teluk Kiluan menjadi lokasi favorit para pemancing. Bahkan di tempat ini, setiap tahunnya, ada lomba memancing yang diikuti para jagoan memancing dalam negeri.
Keindahan pantainya tentu nggak lepas dari pasir putih, laut yang masih jernih dan terdapat lumba-lumba, juga ombak yang cukup kencang. Ada dua jenis lumba-lumba di Teluk Kiluan, yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Si hidung botol (Tursiops truncatus) cenderung pemalu dan berbadan besar.
Sedangkan Si paruh panjang (Stenella longirostris) berbadan lebih kecil, namun senang melompat. Jumlah lumba-lumba di sana mencapai ratusan ekor. Wajar kalau ada yang bilang bahwa koloni lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah yang terbanyak di dunia. Kamu bisa melihat lumba-lumba dari dekat dengan menyewa perahi katir. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat ada penyu hijau di sana. Karena, hewan ini jarang naik ke permukaan laut.
Teluk Kiluan (telusurindonesia.com)
Untuk menuju ke Teluk Kilauan yang berada di pesisir Lampung, tepatnya di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan, kamu harus menghabiskan waktu selama 12 jam berkendara dari Jakarta, atau 3-4 jam dari kota Lampung. Untuk memudahkan hidup kamu, lebih baik berangkat ke Pulau Kiluan dari Lampung aja.
Akses Perjalanan
Perjalanan yang harus Anda tempuh dari Bandar Lampung ke teluk tidak jauh, hanya sekitar 90 km. Namun, Anda harus siap-siap dengan perjalanan off-road karena akses jalan belum semuanya beraspal. Kondisi jalan didapati lebih parah setibanya di Bawang yang masih berjarak 10 km menuju teluk. Jalan dari Bawang ke teluk memang masih rusak dan sering kali naik turun. Untuk menuju teluk Anda dapat memilih menggunakan jasa ojek motor, menyewa mobil sendiri atau menggunakan jasa travel teluk kiluan murah. Tentu menggunakan jasa jasa travel dan sopir yang sudah handal adalah pilihan tepat untuk kenyamanan Anda.
Sudah banyak penyedia jasa travel dan berlibur ke Teluk Kiluan. Banyak paket Teluk Kiluan yang ditawarkan dan dapat Anda pilih sesuai budget dan waktu Anda. Paket yang ditawarkan cukup beragam mulai dari liburan 2 hari 1 malam hingga paket liburan 7 hari 6 malam. Biasanya paket yang ditawarkan sudah mencakup kendaraan berangkat ke teluk, pondok penginapan, makan, objek wisata dan tour guide. Anda akan sangat dimudahkan pastinya. Jika Anda ingin berlibur dengan paket hemat, maka berlibur secara berkelompok adalah cara tepat menekan biaya.
Warung yang menjual makanan sepanjang jalan menuju teluk masih sangat jarang. Oleh karena itu, lengkapi perbekalan makanan Anda. Pastikan Anda membawa banyak persediaan air mineral. Anda akan membutuhkan banyak air mineral terlebih karena di kawasan Teluk Anda akan susah mendapati air bersih. Anda mungkin akan membutuhkan air mineral untuk sekedar menggosok gigi atau mencuci wajah Anda. Jangan lupa bawa juga plastik kedap air yang pastinya akan Anda butuhkan di teluk. Penginapan
Di kawasan teluk belum didapati hotel, tetapi sudah ada beberapa penginapan sejenis cottage kayu yang disewakan oleh penduduk setempat. Beberapa penduduk juga menawarkan penginapan berkonsep homestay dengan menyewakan kamar di rumah mereka. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, namun serahkan itu semua kepada kami sehingga Anda tinggal terima beres dan tidak perlu repot lagi. Anda juga diperbolehkan mendirikan tenda di dekat pantai dengan membayar sejumlah uang kepada pengelola pantai tersebut.
Tidak perlu khawatir tentang makan pagi, siang, dan malam. Di penginapan Anda sudah kami siapkan makanan yang cukup lezat dan enak untuk anda nikmadi. Jika wisatawan tidak menggunakan jasa travel dan baru meesan pada saat itu juga, biasanya makanan baru akan dimasak beberapa saat sebelum dimakan atau dalam artian jika Anda memesan makanan. Kurang lengkap pastinya berlibur ke Lampung tanpa mencicipi makanan khas Lampung. Pesan saja pepes ikan dan sambal tempoyak yang pastinya terasa nikmat karena sambal terbuat dari durian.
Penerangan di kawasan ini masih minim listrik, jadi lengkapi perbekalan Anda dengan senter. Bawa juga obat-obatan pribadi, pelembab tabir surya, dan lotion anti nyamuk. Anda juga membutuhkan tisu basah atau sejenisnya karena air besih di daerah ini masih sulit. Adapun untuk penerangan peduduk setempat biasanya menggunakan ganset. Penduduk di desa ini cukup beragam ada suku Sunda, Jawa, Bali, Bugis, dan Lampung. Kebanyakan penduduk di desa ini pun turunan bali pemeluk Hindu. Hal karena dulunya tempat ini memang merupakan desa transmigrasi penduduk dari pulau Jawa dan Bali.
Trip Keliling dan Berburu Lumba-Lumba
Perjalanan trip Teluk Kiluan yang biasanya ditawarkan adalah trip dengan menggunakan jukung. Jukung sendiri adalah sejenis perahu tradisional nelayan setempat yang sudah dilengkapi dengan motor. Jukung berbentuk ramping dan panjang, cukup untuk menampung 3 orang ditambah satu pengemudi. Jukung ini disewakan untuk para wisatawan atau sudah di koordinir oleh travelnya jika menggunakan jasa travel. Penyedia perahu juga akan melengkapi Anda dengan jaket pelampung yang dapat Anda sewa dengan harga 15ribu untuk setiap jaket.
Anda pun akan ditawarkan untuk melihat lumba-lumba dan mampir di pulau Kiluan yang tepat terdapat di tengah-tengah teluk. Namun sayangnya Anda tidak diperbolehkan untuk menginap di pulau Kiluan. Lumba-lumba adalah mamalia laut yang bergerak sangat lincah. Jika tidak sigap, menangkap momen spesial di kamera tentu akan susah. Untuk mengabadikan aksi lumba-lumba mungkin kamera tele atau kamera bawah air dengan high speed adalah pilihan yang tepat. Pantai ini pun cocok disebut pantai lumba-lumba karena banyaknya lumba-lumba di kawasan ini.
Lumba-lumba biasanya muncul pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi hingga 10 pagi waktu setempat. Jadi jika tidak ingin ketinggalan, pastikan Anda memulai perjalanan Anda sejak pagi paling tidak sekitar 6 pagi. Perjalanan untuk mencapai tempat lumba-lumba biasa terlihat pun tidak lama. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari bibir pantai teluk kiluan. Jika Anda beruntung, tanpa menunggu lama Anda dapat melihat kawanan lumba-lumba yang berenang dan melompat-lompat di tengah laut.
Tempat wisata Teluk Kiluan merupakan tempat wisata alam bahari, jadi pastikan Anda berlibur di saat yang tepat yakni di musim kemarau. Mengunjungi Pulau Kiluan, melihat lumba-lumba, penyu, memancing ikan, trip keliling dengan jukung menikmati keindahan alam di sana tentu menjadi satu paket lengkap. Paket tour Teluk Kiluan pastinya pun akan menjadi paket berlibur tidak terlupakan.

Tidak ada komentar: